Propolis Bisa Menyembuhkan Beragam Penyakit, Ini Penjelasannya

Propolis Terbaik Merk Apa

Beberapa orang masih awam dengan Propolis karena kebanyakan hanya mengenal produk yang yang dihasilkan lebah yaitu madu, terlebih jika mendengar Propolis Bisa Menyembuhkan Beragam Penyakit, Benarkah?

Kebanyakan orang mungkin saja hanya tahu bahwa serangga lebah hanya memproduksi madu saja. Namun faktanya adalah terdapat produk lain dari dari lebah ini seperti roal jelly, bee pollen, bee wax, dan tentunya Propolis. Bahkan belakangan ini sedang booming dan bermunculan produk yang mengklaim dengan menjadikan propolis sebagai bahan utamanya.

Aplikasi produknya sangat beragam mulai dari diteteskan ke dalam air lalu diminum, sebagai obat mata, penghilang jerawat, oabt luka dan bahkan digunakan sebagai bahan sabun muka dan sabun mandi.

Lalu Apa sebenarnya propolis itu?
Propolis merupakan zat resin yang dikumpulkan oleh lebah madu dari berbagai tumbuhan. Dengan bantuan air liur lebah akan membentuk propolis. Propolis tersusun dari lilin, resin, dan komponen esensial lain serta sedikit polen. Salah satu kompenen aktif yang terkandung di dalamnya adalah caffeid acid phenethyle ester.
Propolis yang dibuat tersebut sangat membantu lebah terhindar dari serangan kuman yang mencoba masuk ke dalam sarangnya. Karena propolis yang dibuat memiliki sifat desinfektan.

Propolis di buat oleh lebah dengan mengambil getah dari komponen tumbuhan selain daun juga diambil dari batang muda. Getah tersebut di letakkan di belakang kakinya dan dicampur dengan enzim tertentu dari dalam tubunnya, seperti air liurnya. Propolis ini di dapat dari sarangnya, diambil beserta madu dan sari bunga.

Manfaat propolis sendiri bagi lebah juga menjadi zat imune untuk menghindarkan tubuhnya dari serangan bakteri, dan juga virus. Propolis ini memiliki kekuatan perlindungan yang sangat luar biasa

Propolis diambil dari bahasa yunani yang memiliki arti “Pelindung Kota”. Propolis sudah banyak di amati, di teliti, dan dikembangkan dalam laboratorium untuk dilakukan proses pengekstrakan yang kemudian di analisis berbagai manfaat yang bisa di berikan oleh propolis lebah tersebut.

Dalam sejarahnya, propolis sebenarnya telah dikenal sejak lama tetapi mulai kembali marak diimplementasikan dalam produk kesehatan beberapa tahun terakhir.

Propolis memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Terdapat sekitar 2.500 penelitian di dunia kesehatan yang telah membuktikan kegunaan. Pemanfaatannya bisa sangat beragam mulai dari dikonsumsi langsung atau digunakan sebagai obat luar.

Universitas Oxford melakukan penelitain pada tahun 1987 terhadap propolis dan menyimpulkan bahwa di dalam propolis mengandung sekitar 149  jenis bahan aktif. Institut Kanzan meneliti kandungan kompleks yang terdapat di dalam propolis lebah diantaranya:

  • 34 jenis bioflavonoid, yang merupakan senyawa alamiah pada tumbuhan. Kepekatannya mencapai 500 kali lipat dari kandungan antibiotik pada jeruk.
  • Berbagai macam Vitamin seperti: Vitamin A, provitamin A, B kompleks (B1,B2,B3,B4,B5,B6,B12), Vitamin C, D, E, Biovin.
  • Kandungan mineral yang bermacam, seperti: Albumin, Magnesium, Cacium, Iron Zine)
  • 16 Asam amino (protein)
  • Enzim yang bermacam, seperti: kanji, histone, protein, dan trypsin,

Manfaat dan Khasiat Propolis
Khasiat propolis juga bisa untuk banyak penyakit mulai dari anti kanker hingga anti pembengkakan, dapat membantu mengatasi masalah kulit yang disebabkan oleh bakteri atau kuman. Beragam gangguan seperti gatal-gatal karena alergi, eksim, masalah jerawat hingga bekas luka dapat dihilangkan menggunakan propolis.

Propolis lebah dalam British Propolis memiliki sifat antioksidan yang sangat tinggi. Bahkan sifat antioksidan pada propolis mengalahkan kandungan antioksidan pada buah-buahan lainnya. Bahkan tingkat perbedaan hingga beratus-ratus kali lipatnya. Luar biasa bukan, lalu dengan kandungan yang sangat komples tersebut manfaat apa yang bisa kita dapatkan? Berikut manfaat propolis lebah berangkat dari hasil kajian yang dilakukan para ahli.

Meningkatkan sistem imune tubuh
Propolis memiliki sifat perlindungan lebah dari bakteri, tentu manfaat utama yang bisa di dapat adalah berperan dalam menjaga tubuh kita dari serangan virus, bakteri penyakit. Menurut John Diamond MD, Propolis ini menstimulus diaktifkannya kelenjar thymuts pada tubuh sehingga berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

Mengatasi penyakit mulut dan tenggorokan
Masalah mulut dan tenggorokan yang sangat rentan terdapat tumpukan bakteri dan virus ini berpotensi mendatangkan penyakit-penyakit yang menyerang mulut dan tenggorokan, infeksi pada mulut dan tenggorokan kita adalah salah satu indikasi adanya serangan kuman. Tim Riset Rusia mengatakan bahwa kandungan propolis yang memiliki zat antibiotik alami, vitamin, mineral, dan anti viral sangat manjur untuk mengatasi masalah mulut dan tenggorokan.

Mengatasi penyakit Jantung
Sifat antioksidan pada propolis mampu mengatasi penyakit radikal bebas seperti penyakit jantung. Dr. Fang Chu, seorang dokter dari Rumah sakit Lien Yu Chine mengatakan bahwa propolis baik untuk penderita sakit yang dikarenakan konsentrasi kolesterol yang tinggi di dalam darah seperti penyakit jantung.

Menurunkan resiko darah tinggi
Penyakit lainnya yang rentan dikarenakan serangan radikal bebas dalam tubuh adalah tekanan darah tinggi, Konsentrasi lemak jahat (LDL) dalam darah akan mengakibatkan peredaran darah menjadi tidak lancar. Proses sirkulasi darah pada jantung pun terganggu. Sehingga membuat tekanan darah naik. Kandungan antioksidan dalam propolis lebah membantu menurunkan konsentrasi lemak yang tinggi dalam darah.

Mematikan sel kanker
Ini dia salah satu manfaat yang luar biasa yang bisa diberikan oleh propolis lebah. Kandungan dalam propolis lebah salah satunya terdapat zat CAPE. Ha itu ditemukan oleh lembaga riset kanker Colombia di tahun 1991. Zat Cape yang terdapat pada propolis mampu mematikan sel kanker. Pemakaian zat CAPE yang teratur selama 6 bulan akan mengurangi pertumbuhan kanker hingga 50%.

Bahan antibiotik alami
Propolis memiliki sifat antibiotik alami yang tidak memiliki batas kadaluarsa. Hal tersebut di ungkapkan oleh majalah antibiotik VP Kivalkina. Propolis dengan sifat antibiotik alaminya akan sangat berguna untuk mengatasi infeksi baik di luar maupun dari dalam tubuh.

Menghilangkan rasa nyeri
Kandungan bioflavonoid pada propolis di dukung dengan kerja vitamin C yang diikutinya membuat propolis efektif untuk mengatasi rasa nyeri yang timbul di kaki, punggung, tangan. Kondisi ini sangat baik bagi Anda yang mengalami cedera saat berolahraga. Cedera yang di dapat tentu menimbulkan rasa nyeri yang luar biasa. Produk dari propolis seperti obat luar, atau dalam bentuk sprei bisa digunakan untuk obat mengatasi nyeri.

Meningkatkan regenerasi sel tubuh
Propolis memiliki kandungan 16 rantai asam amnino esensial yang bermanfaat untuk proses pembentukan regenerasi sel. Proses metabolisme yang meningkat akan membuat sel-sel tua kita akan cepat diganti dengan sel-sel baru sehingga membuat daya tahan tubuh kita lebih kuat.

Mempekuat tulang dan gigi
Kandungan asam amino yang tinggi ditunjang dengan vitamin D serta mineral yang kompleks akan membantu regenerasi sel tulang dan gigi menjadi lebih baik. Artinya kekuatan tulang dan gigi tetap terjaga. Sehingga kita akan terhindar dari resiko osteophorosis.

Suplemen harian yang alami
Propolis lebah kini banyak dijadikan sebagai suplemen yang bisa kita konsumsi setiap hari. Kandungan alaminya sangat baik dan sangat minim resiko. Beragam kandungan kompleks pada propolis seperti vitamin, mineral, asam amino, dan bioflavonoid membuat propolis sangat efektif untuk menjaga kebugaran Anda setiap harinya.

Mengatasi thypus
Propolis memiliki sifat antibiotik alami, dan sekaligus antifungal alami tanpa adanya efek samping. Propolis sangat baik untuk menyembuhkan penyakit yang disebabkan oleh serangan virus dan bakteri yang tertelan bersama makanan, seperti penyakit thypus.

Obat Diare
Bakteri E.Colli yang menyebabkan diare bisa di obati dengan propolis. Anda bisa mengkonsumsi propolis dalam bentuk obat tetes untuk mengatasi diare yang menyerang. Obat alami yang kaya akan kandungan senyawa yang baik untuk tubuh ini aman untuk dikonsumsi.

Mengurangi bau ketiak
Bakteri serta jamur yang terdapat pada lipatan ketiak Anda akan mengakibatkan ketiak bau. Lagi-lagi sifat antibakteri yang dimiliki propolis bisa juga digunakan untuk mensterilkan ketiak Anda dari jamur dan bakteri. Sprei propolis yang kini banyak di produksi bisa menjadi cara Anda untuk mengatasi bau ketiak.

Mengatasi berbagai penyakit radikal bebas
Radikal bebas menyerang tubuh melalui kondisi lingkungan yang tidak sehat seperti asap rokok, populasi udara, radiasi eletromagnetik, minuman alkohol, dan juga bisa melalui paparan sinar matahari. Serta konsumsi makanan olahan. Radikal bebas yang tinggi di dalam tubuh akan merusak sel-sel dan jaringan tubuh. Akibatnya tubuh akan mudah terserang penyakit seperti kanker, tumor, jantung koroner, hingga diabetes.

Radikal bebas bisa di stabilkan dengan senyawa flavonoid yang banyak terdapat di buah dan sayuran. Namun tahukah Anda bahwa kandungan flavonoid di propolis sangat tinggi di bandinga sumber makanan lainnya. Bahkan setetes propolis saja sama dengan flavonoid yang dihasilkan oleh 500 buah jeruk. Oleh sebab itu, propolis merupakan salah satu sumber makanan alami yang memiliki khasiat sebagai obat yang mengatasi berbagai macam penyakit radikal bebas.

Mengatasi penyakit TBC dan influenza
Propolis yang dijadikan obat mampu mengatasi penyakit yang disebabkan oleh serangan virus lainnya, seperti TBC, dan influenza. Selain virus yang penyebarannya melalui udara, virus yang di bawa oleh nyamuk demam berdarah pun bisa atasi dengan zat-zat aktif yang kompleks pada propolis.

Mengatasi penyakit kulit karena jamur
Sarang lebah yang dilindungi oleh propolis terbukti mampu menangkal serangan bakteri dan jamur. Penyakit kulit yang di sebabkan oleh jamur seperti panu, kadas, kurap, bahkan keputihan dan juga ketombe bisa diatasi dengan obat hasil ekstrak propolis.

Detoksifikasi alami
Senyawa flavonoid yang sangat kaya dan menjadi kelebihan dari propolis dibanding sumber makanan lainnya. Ditambah lagi kandungan seluruh vitamin kecuali vitamin K yang terdapat dalam propolis membantu proses pembuangan racun. Detoksifikasi alami yang dilakukan propolis akan mencegah resiko kolesterol, asam urat, triglisterin, stroke, dll.

Merangsang fungsi organ vital tubuh
Selain bioflavonoid atau yang disebut vitamin P. Propolis memiliki seluruh vitamin kecuali vitamin K, selain itu juga memiliki semua kandungan mineral kecuali sulfur. Menjadikan propolis sebagai salah satu sumber makanan dengan kandungan paling kompleks. Oleh sebab itu, konsumsi propolis mampu untuk mencukupi kebutuhan gizi tubuh. Merangsang hormon, enzim, dan senyawa tubuh yang akan membantu mengaktifkan organ-organ vital sepeti organ reproduksi, jantung, otak, hati, paru-paru, hati, ginjal, limpa, dll.

Lantas bagaimana pandangan dunia kedokteran?
dikutip dari halaman: http://lifestyle.bisnis.com/read/20160131/106/514403/benarkah-propolis-bisa-menyembuhkan-beragam-penyakit

Dr. Marya Haryono, MGizi, SpGK mengatakan karena banyak hasil penelitian yang membeberkan manfaat propolis bagi kesehatan, tidak heran jika banyak produk yang menjadikan zat ini sebagai suplemen.

Dalam dunia kedokteran sendiri propolis dikenal memiliki efek antiperadangan dan antioksidan. Masyarakat sering menyebutnya sebagai antibiotik alami. “Bahkan ada juga yang menyebutnya sebagai antitumor, meskipun penelitian terkait efek propolis masih terus berjalan,” katanya.

Marya menjelaskan dalam dunia kedokteran manfaat propolis untuk rongga mulut dan gigi sudah banyak dibuktikan. Sementara itu, pemanfaatannya untuk anggota tubuh lain seperti kulit sebenarnya juga baik. Hal ini karena propolis juga memiliki manfaat dalam proses penyembuhan luka.

Menurut Marya, propolis sebenarnya cocok dikonsumsi segala usia. Namun, hal tersebut tetap harus memperhatikan kebutuhan nutrisi esensial lain bagi tubuh. Jika digunakan dalam batas wajar, propolis memiliki banyak manfaat.

Kendati demikian, Mariya menjelaskan bukan berarti produk ini cocok bagi semua orang. Pasalnya, ada juga beberapa orang yang memiliki alergi terhadap aneka hasil lebah seperti madu dan royal jelly.

Ciri-ciri alergi produk hasil lebah yang mudah ditemui antara lain mual, muntah hingga kulit menjadi kemerahan. Jika hal tersebut terjadi, sebaiknya menghindari penggunaan propolis dalam bentuk apapun.

Dengan melihat manfaat propolis bagi tubuh memang tidak ada salahnya mengonsumsi aneka produk turunannya yang saat ini berada di pasaran. Namun, sebagai konsumen kita tentu harus tetap bersikap kritis terhadap beragam produk tersebut. ()

Cara Konsumsi Propolis

Ekstrak propolis kini banyak di jadikan ke dalam bentuk obat tetes. Obat tetes propolis bisa digunakan untuk mengatasi masalah dari dalam dan juga bisa digunakan untuk obat luar. Dosis tetes pada propolis mempengaruhi keefektifan pengobatan yang dilakukan. Berikut cara pemakaian obat tetes propolis.

  • Propolis untuk diminum

Di gunakan untuk menjaga kesehatan tubuh organ dalam. Anda bisa menambahkan madu untuk menjadi pelengkap minuman obat propolis. Caranya:

  • Siapkan air hangat di dalam gelas sebanyak ¼ gelas
  • Teteskan sekitar 3-4 tetes propolis untuk kesehatan, dan 5-10 tetes untuk orang sakit.
  • Bisa dicampur dengan satu sendok madu
  • Aduk hingga semuanya tercampur, lalu minum.
  • Minum sebanyak 2-3 kali sehari untuk kesehatan dan 3-5 kali sehari untuk mengobati sakit.
  • Propolis untuk obat luar

Di gunakan untuk menjaga kebersihan organ luar seperti kulit, rambut, bahkan daerah sekitar kemaluan, dan untuk mengatasi masalah-masalah yang disebabkan bakteri, dan jamur. Caranya:

  • Bersihkan dahulu daerah luar yang ingin diobati
  • Teteskan propolis di tangan dan usap secara merata
  • Tunggu sekitar 5-10 menit hingga tetesan propolis meresap ke dalam

Reaksi positif setelah pemakaian propolis

Setelah Anda rutin menggunakan propolis maka akan ada gejala-gejala positi yang merupakan hasil reaksi bahwa propolis bekerja secara efektif. Reaksi yang ditimbulkan dapat anda rasakan hanya dalam beberapa menit setelah pemakaian. Reaksi yang ditimbulkan adalah:

  • Pusing-pusing, sebagai reaksi proses penyembuhan pada masalah pencernaan dan gangguan di kepala
  • Mual dan diare, sebagai reaksi dari proses penyebuhan gangguan pencernaan
  • Gatal-gatal, sebagai reaksi dari proses pembuangan racun melalui kulit
  • Demam, sebagai reaksi proses pengikatan virus dan bakteri
  • Mengantuk, sebagai reaksi adanya proses detoksifikasi tubuh dan penyembuhan fungsi hati
  • Kencing, sebagai reaksi pembuangan racun melalui air seni
  • Batuk dan bersin, sebagai reaksi dari proses penyembuhan organ paru-paru dan proses pengeluaran racun lewat dahak
  • Nyeri sendi, sebagai reaksi penyembuhan masalah reumatik.
  • Pegal-pegal, sebagai reaksi dari proses pembuangan racun dan netralisasi zat-zat di dalam pembuluh darah
  • Berkeringat, sebagai proses reaksi pembuangan racun melalui kulit
  • Susah BAB, sebagai reaksi adanya proses penyembuhan penyakit di usus besar

Walaupun reaksi tersebut kurang nyaman namun kondisi itu menjadi indikasi positif menuju keberhasilan Anda menjadi pribadi yang sehat dan terbebas dari penyakit. Semoga informasi mengenai propolis lebah ini bermanfaat dan menjadi inspirasi gaya hidup sehat Anda.

Pesan Sekarang, British Propolis adalah 100% Propolis Premium

British Propolis, Propolis British, Jual British Propolis Aman

British Propolis Best Seller, Klik untuk Pemesanan


Respond For " Propolis Bisa Menyembuhkan Beragam Penyakit, Ini Penjelasannya "

×
Assalamu'alaikum,
Ada yang bisa dibantu?
%d blogger menyukai ini: